PEMANFAATAN FASILITAS DIGITAL BANKING BAGI KEGIATAN PERBANKAN NASABAH (STUDI KASUS: PT BANK DANAMON INDONESIA TBK)

Authors

  • Denada Rahma Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7783-3639
  • Endang Wirjatmi TL Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia
  • Sutarto Mochtar Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia

Keywords:

Digital Banking; , Inovasi Teknologi, Layanan Perbankan, Analisis SWOT, Manajemen Strategis

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi layanan perbankan sebagai respons terhadap kebutuhan nasabah yang terus meningkat. PT Bank Danamon Indonesia Tbk memanfaatkan fasilitas digital banking untuk meningkatkan efisiensi transaksi, daya saing, dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan layanan digital banking di Danamon dengan menggunakan metode penelitian tindakan berpendekatan kualitatif melalui analisis SWOT. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan informan kunci, telaah dokumen, serta pengisian kuesioner oleh pegawai internal dan nasabah pengguna layanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan digital banking memberikan kemudahan akses, efisiensi operasional, dan peningkatan kualitas layanan. Namun, masih ditemukan kelemahan seperti kurang optimalnya promosi, edukasi nasabah, dan pemeliharaan sistem teknologi. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, disarankan penguatan layanan internal melalui peningkatan infrastruktur teknologi, promosi yang intensif, pengembangan fitur inovatif, serta kolaborasi lintas lembaga perbankan guna menciptakan ekosistem layanan yang lebih inklusif, kompetitif, dan sesuai dengan kebutuhan pasar digital yang dinamis.

References

Baregheh, Anahita, Rowley, Jennifer, dan Sam¬brook, Sally. (2009). Towards a multidisciplinary definition of innovation. Management Decision, 47(8), 1323- 1339.

Coghlan, David dan Brannick, Teresa. 2005. Doing Action Research in Your Own Organization. California: Sage Publications

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2011. Essentials of Strategic Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Lestary, E. (2009). Adopsi Inovasi sebagaiFaktor yang Berperan dalam Perubah¬an Sosial. M’Power Universitas Sura¬karta, 9(9).

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovation. USA: Free Press

Schilling, Melisa A. 2017. Strategic Management of Technological Innovation Fifth Edition. New York: McGraw–Hill Education

Van de Ven, Andrew H. 2004. Handbook of Organizational Change and Innovation. New York: Oxford University Press

Williams, Brian K dan Sawyer, Stacey C. 2015. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. New York: McGraw–Hill Education

Williams, Kevan. 2009. Strategic Management. Attleborough: Dorling Kindersley Limited

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Rahma, D., Wirjatmi TL, E., & Mochtar, S. (2024). PEMANFAATAN FASILITAS DIGITAL BANKING BAGI KEGIATAN PERBANKAN NASABAH (STUDI KASUS: PT BANK DANAMON INDONESIA TBK). Jurnal Media Administrasi Terapan, 5(1), 1–11. Retrieved from https://jmat.stialanbandung.ac.id/index.php/jmat/article/view/4

Citation Check