PEMANFAATAN FASILITAS DIGITAL BANKING BAGI KEGIATAN PERBANKAN NASABAH (STUDI KASUS: PT BANK DANAMON INDONESIA TBK)
Keywords:
Digital Banking; , Inovasi Teknologi, Layanan Perbankan, Analisis SWOT, Manajemen StrategisAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi layanan perbankan sebagai respons terhadap kebutuhan nasabah yang terus meningkat. PT Bank Danamon Indonesia Tbk memanfaatkan fasilitas digital banking untuk meningkatkan efisiensi transaksi, daya saing, dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan layanan digital banking di Danamon dengan menggunakan metode penelitian tindakan berpendekatan kualitatif melalui analisis SWOT. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan informan kunci, telaah dokumen, serta pengisian kuesioner oleh pegawai internal dan nasabah pengguna layanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan digital banking memberikan kemudahan akses, efisiensi operasional, dan peningkatan kualitas layanan. Namun, masih ditemukan kelemahan seperti kurang optimalnya promosi, edukasi nasabah, dan pemeliharaan sistem teknologi. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, disarankan penguatan layanan internal melalui peningkatan infrastruktur teknologi, promosi yang intensif, pengembangan fitur inovatif, serta kolaborasi lintas lembaga perbankan guna menciptakan ekosistem layanan yang lebih inklusif, kompetitif, dan sesuai dengan kebutuhan pasar digital yang dinamis.
References
Baregheh, Anahita, Rowley, Jennifer, dan Sam¬brook, Sally. (2009). Towards a multidisciplinary definition of innovation. Management Decision, 47(8), 1323- 1339.
Coghlan, David dan Brannick, Teresa. 2005. Doing Action Research in Your Own Organization. California: Sage Publications
Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2011. Essentials of Strategic Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Lestary, E. (2009). Adopsi Inovasi sebagaiFaktor yang Berperan dalam Perubah¬an Sosial. M’Power Universitas Sura¬karta, 9(9).
Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovation. USA: Free Press
Schilling, Melisa A. 2017. Strategic Management of Technological Innovation Fifth Edition. New York: McGraw–Hill Education
Van de Ven, Andrew H. 2004. Handbook of Organizational Change and Innovation. New York: Oxford University Press
Williams, Brian K dan Sawyer, Stacey C. 2015. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. New York: McGraw–Hill Education
Williams, Kevan. 2009. Strategic Management. Attleborough: Dorling Kindersley Limited
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Administrasi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.