EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMBELAJARAN INKUIRI BAGI GURU IPA SMP MELALUI EVALUASI PERUBAHAN PERILAKU DAN HASIL

Authors

  • Nendah Nuraindah BBGP Jawa Barat, Indonesia
  • Ely Sufianti Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia
  • Arundina DRP Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31113/jmat.v4i2.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas program pelatihan Pembelajaran Inkuiri bagi Guru IPA SMP  tahap perubahan perilaku dan tahap hasil pelatihan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan metode  kuantitatif.  Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan sampel pada penelitian ini adalah alumni pelatihan Pembelajaran Inkuiri bagi Guru IPA SMP bersama-sama dengan siswa, kepala sekolah dan guru sejawat yang berjumlah 90 orang.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat perubahan perilaku alumni diklat setelah mengikuti pelatihan berada pada kategori tinggi dan menunjukkan efektifitas atau keberhasilan program pelatihan dengan koefisen korelasi sebesar 0,791. Begitu pula dengan evaluasi tahap hasil pelatihan berada pada kategori tinggi dan menunjukkan efektifitas program pelatihan dengan koefisien korelasi sebesar 0,643. Dengan demikian maka evaluasi pada tahap perubahan perilaku dan tahap hasil pelatihan secara bersama-sama mempengaruhi efektifitas keberhasilan program pelatihan Pembelajaran Inkuiri bagi Guru IPA SMP. Namun hasil ini belum bisa mendeskripsikan secara keseluruhan keberhasilan program pelatihan. Hal ini dikarenakan masih ada persepsi yang belum baik dari siswa, kepala sekolah, guru sejawat dan alumni diklat itu sendiri berkaitan dengan perubahan perilaku alumni diklat dan hasil dari pelatihan tersebut. Selain itu saat implementasinya dalam pembelajaran di kelas, ditemukan kendala dan hambatan sehingga diperlukan kemampuan dari para alumni diklat untuk mengatasinya.

References

Adnyana, I Wayan Arya. 2019. Efektifitas Pelaksanaan Diklat Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan, Jurnal Widyadewata Volume 2 No 1 Tahun 2019. Balai Diklat Keagamaan Denpasar.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Armstrong, Michael. 2006. A Handbook of Human Resource Management Practice. Great Britain:

Cambridge University Press.

Aryana, Yoki. dkk. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Ditjen GTK. Kemdikbud.

Barrat, Carroline. 2014. High Order Thinking and Assesment. International Seminar on Current Issues in

Primary Education. PGSD Universitas Muhamamadiyah Makassar.

Creswell, John W. 2012. Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches. California: Sage

Publications.Inc.

Creswell, John W. 2014. Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches.

California: Sage Publications.Inc.

Guskey, Thomas R, Roy, Patricia & Von Frank, Valerie. 2014. Reach the Highest Standard in Professional

Learning. CA: Corwin.

Kirkpatrick, Donald L. 2006. Evaluating Training Programs. Third Edition. San Fransisco: Berret-Koehler

Publisher Inc.

Kirkpatrick, Donald L. 2007. Implementing the Four Levels. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher Inc. Kurniati, Dian, dkk. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam

Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20 No.

Desember 2016.

Listiani, Teni dan Nefi Aris Ambar Asmara. 2017. Tingkat Pemahaman dan Penerapann Nilai-Nilai Spiritual

Pegawai di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi V0l 14 Nomor 2. Bandung:

STIA LAN.

Nur Dinni, Husna. 2018. High Order Thinking Skills dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.

PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Prilianti, Ratna. 2017. Evaluasi Learning Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Multimedia bagi Guru MA di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 5 Nomor 1.

Semarang: Universitas Wahid Hasyim.

Purwanto dan Suparman. 1999. Evaluasi Program Diklat. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi,

Lembaga Administrasi Negara.

Ritonga, Ramayana, dkk. 2019. Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi

Program Diklat di BBPP Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume 14 No. 1 Maret 2019. Sabitah, Nadiyah Muhana dan Heru Susilo. 2017. Implementasi Metode Penilaian Kinerja 360 Degree Feedback untuk Mengukur Soft Competence Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 47 Nomor 1.

Malang: Universitas Brawijaya.

Sedarmayanti. 2016. Analisis Kompetensi Guru Militer di Pusdikajen Kodiklat TNI AD. Jurnal Ilmu

Administrasi Vol 13 Nomor 2. Bandung: STIA LAN.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan

Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Silberman, Melvin. 2006. Active Training. A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples and Tips. San

Fransisco: John Wiley and Sons Inc.

Sopacua, Evie dan Didik Budijanto. 2007. Evaluasi 4 Tahap dari Kirkpatrick sebagai Alat dalam Evaluasi

Pasca Pelatihan. Jakarta: Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Volume 10. Nomor 4.

Spencer, Lyle M & Signe M. 1993. Competence at Work Models for Superior Performance. USA: John Wiley

and Sons Inc.

Yusnarita, Rina. 2020. Model Evaluasi Kirkpatrick pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah di Pusdiklat

Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Yustiono, Eris. 2008. Peningkatan Efektifitas Institusi Pendidikan dan Pelatihan melalui Kompetensi Pengelola dan Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Ilmu Administrasi Vol 5 Nomor 2. Bandung:

STIA LAN

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nuraindah, N., Sufianti, E., & DRP, A. (2024). EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMBELAJARAN INKUIRI BAGI GURU IPA SMP MELALUI EVALUASI PERUBAHAN PERILAKU DAN HASIL. Jurnal Media Administrasi Terapan, 4(2), 165–179. https://doi.org/10.31113/jmat.v4i2.76

Citation Check