STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UMKM DI GARUT

Authors

  • Abdul Rahman Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia
  • Muhamad Anas Lutfi Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31113/jmat.v4i2.86

Abstract

Pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di suatu daerah yang tidak optimal berkontribusi pada lambatnya penjualan. Padahal UMKM memberikan kesempatan kerja pada masyarakat untuk membantu pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Strategi dan konsep pemasaran digital yang kuat diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari media digital. Digital marketing adalah penggunaan jaringan media sosial untuk melakukan kegiatan promosi dan memetakan pasar digital. Ide pemasaran digital dapat menyatukan berbagai pihak yang berbeda secara geografis melalui penggunaan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk mempromosikan UMKM di Garut Kota Kabupaten Garut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan sumber sekunder (seperti buku, jurnal, dan artikel) digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan produktivitas UMKM di Garut Kota tidak positif. Bahkan dengan dibuatnya website bisnis online, tidak semua orang sudah menerapkan digital marketing plan. Dapat dilihat bahwa strategi pemasaran digital belum banyak mendapat perhatian dari UKM di Garut Kota Kabupaten Garut. Oleh karena itu, diharapkan UMKM yang ada di Garut Kota Kabupaten Garut dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dengan menggunakan strategi digital marketing untuk berjualan secara online.

 

References

Abdurrahman, Ginanjar, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, and Anggar Wahyu. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Management 1, no. 2: 88–92.

Alford, P dan Page, S.J (. 2015. “Marketing Technology for Adoption by Small Business.” The Service Industries Journal 35, no. 11–15: 655–669.

Arifin, B., Muzakki, A., Kurniawan, M. W., & Malang, U. M. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis SEO (Serch EngineOptimization) Dalam Strategi Pemasaran. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(02), 1–7.

Az-zahra, Nafisa Salma. 2021. “Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM.” In NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.

Cant, M.C dan Wiid, J.A. 2016. “The Use of Traditional Marketing Tools by SMEs in an Emerging Economy: A South African Perspective.” Problems and Perspectives in Management 14, no. 1.

Chattopadhyay, P. (2020). The role of Affiliate Marketing in Digital Space: A Conceptual Approach. International Journal for Modern Trends in Science and Technology, 6(5), 53– 59. https://doi.org/10.46501/ijmtst060509

Dermawan, Windy, and Henike Primawanti. 2020. “Pemanfaatan E-Commerce Bagi Pengembangan Produk UMKM.” Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 2: 87–94.

Fariborzi, E. (2012). E-mail Marketing: Advantages, Disadvantages andImproving Techniques. International Journal of E-Education, eBusiness, e-Management and e-Learning, 2(3), 1–5. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2012.v2.116

Febriyantoro, Mohamad, and Debby Arisandi. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal Manajemen Dewantara 1, no. 2: 61–76.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free.

Harahap, Hamida Syari, Nita Komala Dewi, and Endah Prawesti Ningrum. 2021. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM.”

Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3, no. 2: 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p7785.

Hutami, Lusia Tria Hatmanti, Desy Tri Inayah, Ari Widya Utami, and Adelia Sari. 2019. “Edukasi Strategi Digital Marketing Dan Tips Wirausaha Pada Masa Pandemi Di Dusun Butuh, Desa Cucukan.”

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 03: 105–12. Menkominfo. (2022). Menkominfo: UMKM Sumbang 60 Persen PDB Indonesia.

Menkominfo. https://aptika.kominfo.go.id/2020/10/menkominfo-umkm-sumbang-60-persen-pdb-indonesia//

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, Puspita, and Fachmi Tamzil. 2021. “Strategi Digital Business Untuk UMKM.” Abdimas 7, no. 4.

Oktafiyani, F dan Rustandi, D. 2018. “Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness.” Jurnal Profesi Humas 3, no. 1: 3.

Pernama, G. P. L., dan Parasari, A. A. A. I. 2019. “Pengaruh Hedonic Motivation, Social Influence, Dan Perceived Enjoyment Terhadap Penggunaan Marketplace Pada UMKM Di Bali: Studi Kasus Pada HIPMI Provinsi Bali.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4, no. 1: 90–102.

Ridwan, Iwan, Abdurrahman Fauzi, Isah Aisyah, Susilawati, and Iwan Sofyan. 2019. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan ‘ WAGE ’ Bandung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1: 137–42.

Sasa, Saudah, Dodot Sapto Adi, Maulid Agung Triono, and Fajar Supanto. 2021. “Optimalisasi Usaha Kecil Menengah Melalui Pelatihan Digital Marketing.”

Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6, no. 3: 358–71. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366.

Saudah, S., dan Adi, D. S. 2018. “Keseimbangan Komunikasi Dalam Penguatan Identitas Komunitas Kreatif Telematika Kota Malang.”

Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 2: 143-154. https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1574.

Setiawati, I dan Widyartati, P. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM.”

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RdanD. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaksono, Juli. 2020. “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri.” Generation Journal 4, no. 1: 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

Supriyanto, Agus, and Kharis Fadlullah Hana. 2020. “Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 8, no. 2: 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640.

Vincentius, Kusuma, Zinal Sahabuddin, and Posma Hutasoit. 2022. “Strategi Digitl Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menegah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.” Jurnal Cafetaria 3, no. 1: 24–35.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Abdul Rahman, & Muhamad Anas Lutfi. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UMKM DI GARUT. Jurnal Media Administrasi Terapan, 4(2), 180–188. https://doi.org/10.31113/jmat.v4i2.86

Citation Check